Skip to main content
x
Rayakan Idul Adha, Rutan Bengkulu Siapkan Tiga Hewan Kurban

Rayakan Idul Adha, Rutan Bengkulu Siapkan Tiga Hewan Kurban

Bengkulu - Dalam menyambut hari raya Idul Adha tahun ini, Rutan Kelas IIB Bengkulu mempersiapkan 3 ekor hewan kurban berupa kambing. Hewan-hewan tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah pegawai rutan yang merayakan momen sakral tersebut dengan berbagi kepada sesama, terutama warga binaan di dalam rutan.

Karutan Bengkulu, Farizal Antony, melalui Kasubsi Pengelolaan Hengki Alowan, menjelaskan bahwa tradisi berbagi hewan kurban telah menjadi bagian dari kegiatan rutin di Rutan Kelas IIB Bengkulu setiap kali Idul Adha tiba. "Kami bersyukur atas sumbangan dari pegawai-pegawai kami yang telah dengan tulus hati berpartisipasi dalam pelaksanaan kurban tahun ini," ujar Hengki Alowan.

Menurut data yang diperoleh, setiap tahunnya rutin diadakan pengumpulan sumbangan dari para pegawai sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya bagi warga binaan yang tengah menjalani masa pidana di rutan. "Daging kurban yang diperoleh dari hewan-hewan ini akan langsung diolah dan dibagikan kepada seluruh warga binaan yang berhak menerimanya," tambah Hengki.

Pelaksanaan kurban di Rutan Kelas IIB Bengkulu tidak hanya sebagai ritual keagamaan semata, namun juga sebagai wujud nyata dari program rehabilitasi yang berorientasi pada kemanusiaan. "Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan semangat dan mempererat tali silaturahmi antara warga binaan, pegawai rutan, dan masyarakat Bengkulu pada umumnya," tambah Hengki. 

Tidak hanya itu, kegiatan kurban juga menjadi momen refleksi bagi para warga binaan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, serta memupuk rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikan. "Kami mengajak seluruh warga binaan untuk merayakan Idul Adha dengan penuh keikhlasan dan kebersamaan, serta berdoa semoga mereka senantiasa diberikan kesabaran dan kelancaran dalam menjalani kehidupan," tutup Hengki.

Tradisi kurban di Rutan Kelas IIB Bengkulu tahun ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat materiil berupa daging kepada warga binaan, tetapi juga memberikan nilai-nilai kehidupan yang lebih mendalam. Semangat kebersamaan dan kepedulian yang ditunjukkan oleh para pegawai rutan melalui sumbangan hewan kurban ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Bengkulu untuk terus berbuat kebaikan dan berbagi kepada sesama, tidak hanya pada saat-saat istimewa seperti Idul Adha, namun sepanjang tahun.

  • Total Visitors: 8830593