Skip to main content
x
Basarnas Bengkulu Evakuasi Korban

Petugas Basarnas Temukan Warga Lebong di Bebatuan Sungai, Menghilang Akibat Menyelam

Kabupaten Lebong - Petugas komunikasi Basarnas Bengkulu menerima informasi dari warga bahwa 1 orang tenggelam di sungai Wisata Air Terjun Batu Betiang desa Babakan Baru kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Lebong pada, Sabtu malam (24/6/23).

Infromasi yang kami terima korban bernama Zulkarnain usia 39 tahun warga desa Babakan baru pada Sabtu sore sekitar pukul 15.00 wib pergi mencari ikan dengen cara menyelam. Namun setelah beberapa lama menyelama zulkarnain tidak kunjung muncul ke permukaan sungai, hingga warga melaporkan kejadian tersebut ke pihak Basarnas Bengkulu. 

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu M. Arafah langsung menunjuk Kasi Operasi SAR untuk melaksanakan Pencarin. Pada pukul 18.55 Wib 1 (satu) Tim Rescue Basarnas Bengkulu langsung di berangkatkan menuju lokasi kejadian. 

"Kami memberangkatkan 1 tim untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan terhadap. Zulkarnain, semoga operasi SAR Berjalan dengan Lancar," ujar arafah.

Tim Rescue Basarnas Bengkulu sampai di lokasi pada pukul 23.15 wib, tim langsung berkoordinasi dengan unsur SAR dan melaksanakan penyisiran di sekitar lokasi kejadian. Hingga pukul 02.50 Wib dini hari tim SAR Gabungan dan warga berhasil menemukan Zulkarnain sekitar 2.5 km dari lokasi korban hilang. Korban tersangkut di bebatuan dan langsung dibawa menuju rumah duka. 

Setelah melakukan evakuasi, Pada Minggu pukul 04.10 Tim SAR Gabungan melaksanakan debriefing dan secara resmi menutup operasi SAR. adapun unsur SAR Yang terlibat Tni, Polri, Bpbd Lebong, Faji Lebong, Pemerintah Setempat dan Masyarakat.

Adapun alat yang dibawa tim rescue Basarnas Bengkulu yaitu 1 unit LCR, Rafting Boat, 1 set peralatan SAR Air, Aqua Eye, peralatan selam, peralatan Navigasi danalat pelindung diri tim.

  • Total Visitors: 8832013