Skip to main content
x
Ekonomi
Ini Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu  Rocky

Ini Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu  Rocky

Wartaprima.com - Kolaborasi Toyota dan Daihatsu kembali hadir di Indonesia. Setelah sebelumnya lahir Avanza - Xenia, kemudian Rush - Terios, Agya - Ayla, dan Calya - Sigra, kali ini hadir Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kehadiran keduanya diyakini bakal membetot perhatian dari pasar mobil Indonesia.
 
Walaupun terjadi kolaborasi antara dua pabrikan ini, pasti ada pembeda antara mobil-mobil yang dihasilkan. Ada desain yang jadi ciri khas masing-masing. Dari sisi harga biasanya juga sedikit berbeda, biasanya Toyota harganya sedikit di atas mobil dari Daihatsu. Lalu, apa saja perbedaan dari kedua mobil tersebut? Kita simak sama-sama, yuk!

Desain Mobil 
Daihatsu Rocky meluncur terlebih dahulu daripada Toyota Raize. Kehadiran Daihatsu Rocky cukup menjadi beban karena sejatinya meneruskan salah satu mobil offroad tahun 90an. Bedanya, Rocky yang sekarang menjelma jadi mobil SUV ringan perkotaan.
 
Moncong Rocky dominan oleh grille yang besar dan membentuk bidang trapesium. Daihatsu juga menambah varian baru yang menambahkan fitur ADS yang sederhana dengan ornamen kromium di grille, front rear skid plate, side body moulding, side guard, garnish pintu dan emblem ADS.
 
Hal ini berkebalikan dengan grille Toyota Raize. Bentuknya trapezoid, namun melebar ke bawah dan menyatu dengan area lampu kabut. Sementara pada bagian atas ada grille yang menyatu dengan headlamp.
 
Bisa dibilang Toyota Rize kental dengan nuansa Agya dan Yaris, namun memiliki sedikit facelift. Terdapat body kit di sekeliling bodi mobil dan tambahan emblem GR sport. Kesan sporty juga didapat dari laburan warna hitam pada pelek.

Fitur
Kelengkapan pada dua mobil tersebut sudah cukup banyak. Ada trim bawah, sehingga Anda tidak perlu lagi membutuhkan anak kunci untuk menyalakan mesin. Terdapat juga panel digital beraneka warna yang meriah di mata. Terdapat pula pengaturan Auto AC dengan menggunakan model tombol digital. Kedua mobil ini juga menggunakan monitor besar 9 inci di kelasnya.
 
Dari sisi audio, Daihatsu Rocky menawarkan sistem audio berkelas lewat tambahan active subwoofer sebesar 8 inci. Fasilitas ini tersedia di trim paket ADS.
 
Toyota Raize menawarkan sensasi berkendara menggunakan tipe mobil GR Sport. Semua kursinya dilapisi perpaduan material kain dan kulit sehingga kesan sporty-nya sangat kuat. Terlebih, ada penambahan paddle shift di balik kemudi. Semua fitur itu membuat perpindahan gear laksana berada dalam sebuah mobil balap. Anda bisa terus fokus ke jalan tanpa harus berpindah tuas transmisi.
 
Fitur andalan lain dari raize adalah Toyota Safety Sense (TSS). Raize dilengkapi dengan enak titik airbag, Lane Departure Assist dengan Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision system, Front Departure Alert, rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring, serta Adaptive Cruise Control. Cruise control adalah pengaturan kecepatan yang mengikuti mobil yang ada di depan. Dari uraian tersebut  bisa dilihat bahwa fitur Toyota Raize GR Sport TSS bisa setara dengan SUV yang bernilai tinggi.

Rangka dan Performa Mesin
Raize dan Rocky memiliki basis sasis Daihatsu New Global Architecture yang merupakan platform terbaru dan ke depannya akan digunakan dalam mobil-mobil produksi terbaru. Bisa dibilang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky in adalah sasis perkenalan dari Daihatsu New Global Architecture.
 
Dari sisi dimensi bisa dibilang sama persis yakni 4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm (PxLxT). Adapun jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm.
 
Keduanya juga menggendong dua mesin baru, yakni mesin 3 silinder 1,2 Liter yang memiliki kode WA-VE. Adapun varian turbo menggunakan 1KR-VET 3-silinder 1,0 liter yang memiliki daya 98 PS dan memiliki torsi 140 Nm. Untuk pilihan transmisi tersedia dua macam, yaitu manual dan CVT. Keduanya sangat handal dipakai untuk bepergian di dalam perkotaan yang padat.
 
Konsumsi BBM juga bisa dipastikan irit. Untuk Toyota Raize dengan sistem penggerak 2WD bisa menempuh 18,6 km dari satu liter BBM. Untuk versi 4 WD, Anda bisa menempuh jarak 17,4 km per liternya.

Kaki-Kaki Kokoh Toyota Raize
Pada bagian kaki-kaki Toyota Raize tersemat velg alloy 17 inci. Terdapat juga pilar D bergaya floating dengan bumper dan cladding tebal di bagian bawah. Penampakannya mirip dengan RAV4 seri terbaru yang diapit oleh lampu Swept Back.

Harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize
Pada peluncurannya disebutkan oleh PT Daihatsu Astra Motor bahwa ada 11 varian Rocky. Namun saat ini baru ada lima varian yang dilempar ke pasar Indonesia. Berikut harga terbaru di pasaran untuk Daihatsu Rocky:

●    Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T - Rp214, 2 Juta
●    Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T ADS - Rp222, 2 Juta
●    Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT -  Rp227,4 Juta
●    Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS - Rp235,4 Juta
●    Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT A.S.A - Rp236,1 Juta
 
Toyota Raize sendiri juga hanya memiliki varian G, namun dibagi-bagi lagi menurut tipe mesin, transmisi, serta trim GR Sport. Berikut adalah daftar harganya yang terbaru:
 
●    Toyota Raize 1.0 Turbo G M/T - Rp219,9 Juta
●    Toyota Raize 1.0 Turbo G CVT - Rp233,1 Juta
●    Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT - Rp 244,7 Juta
●    Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS - Rp 263,7 Juta
 
Demikian Rangkuman Perbedaan Toyota Rize dan Daihatsu Rocky. Semoga cukup membantu Anda dalam memilih mobil impian dan membelinya di Blibli.

  • Total Visitors: 840287

Facebook comments

Promotion

Adsense Page