Skip to main content
x
Rutan bengkulu

Karutan Bengkulu Pantau Langsung Proses Pemeriksaan Barang Kunjungan: Pastikan Tidak Ada Barang Terlarang Masuk

BENGKULU - Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Bengkulu, Farizal Antony, terus memperketat pengawasan terhadap barang-barang yang dibawa oleh para pengunjung. Langkah ini diambil untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang masuk ke dalam rutan, demi menjaga keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan warga binaan.

Selasa (28/5) pagi, Farizal memantau langsung proses pemeriksaan barang-barang pengunjung yang datang untuk menjenguk kerabat mereka. Pengawasan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang seperti narkotika, senjata tajam, dan benda-benda berbahaya lainnya yang dapat mengganggu stabilitas di dalam rutan.

Farizal juga menyampaikan pentingnya prosedur pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh mengingat saat ini sangat banyak modus penyelundupan yang dilakukan oleh oknum-onkum tertentu. 

"Kami harus memastikan bahwa setiap barang yang masuk telah melalui pemeriksaan yang sangat ketat. Hal ini penting untuk mencegah masuknya barang-barang yang dapat membahayakan keselamatan para tahanan dan petugas. Terutama barang terlarang seperti handphone dan narkotika," tegas Farizal.

Pada kesempatan tersebut, Farizal turut langsung melakukan pemeriksaan pada sejumlah barang bawaan pengunjung termasuk juga melakukan pemeriksaan terhadap para pengunjung itu sendiri. Hal ini untuk memastikan tidak ada pengunjung yang membawa barang-barang terlarang ke dalam rutan. Farizal juga memberikan arahan kepada para petugas agar tetap menjaga integritas dalam pelaksanaan tugas.

"Upaya mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang tentunya harus diimbangi dengan integritas petugas dalam melaksanakan tugas. Dengan tetap mengedepankan pelayanan yang humanis dan bersahabat. Untuk itu kami juga menghimbau kepada para pengunjung untuk dapat bersikap kooperatif dalam mengikuti SOP pemeriksaan yang telah ditetapkan," ujar Farizal. 

 

Upaya yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Bengkulu turut diapresiasi oleh para pengunjung. Salah seorang pengunjung mengatakan bahwa mereka memaklumi dengan adanya proses pemeriksaan yang ketat guna menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

 

"Kami paham bahwa ini semua demi keamanan. Memang sedikit memakan waktu, tetapi kami merasa lebih tenang mengetahui ada pengawasan ketat seperti ini," ujar salah seorang pengunjung.

 

Dengan pengawasan yang ketat dan prosedur pemeriksaan yang menyeluruh, Karutan Bengkulu berupaya untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi para tahanan. Langkah ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberantas peredaran barang-barang terlarang di dalam lapas/rutan.

 

"Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik demi keamanan dan ketertiban di sini," pungkas Farizal.

  • Total Visitors: 7729085