Skip to main content
x

Pertamina Berhasil Jalankan Pembangunan Berkelanjutan

Wartaprima.com - PT Pertamina (Persero) memastikan kinerja perusahaan dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan  berada di jalur yang benar.

Hal itu disampaikan Vice President Health, Safety, Security and Environmental (HSSE) Policy, Standard & Risk Management System PT. Pertamina (Persero) Leodan Haadin, melalui keterangan tertulis, usai acara bincang-bincang di Paviliun Indonesia di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP26) di Glasgow, Skotlandia, Rabu (3/11/2021).

 

"Secara umum kinerja Pertamina untuk pembangunan berkelanjutan sangat baik dan masih berada di jalur yang benar," kata  Leodan Haadin.

Kinerja Pertamina untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), kata Haadin, dapat diukur dengan menggunakan peringkat kinerja ESG (environmental, social, governance) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola.

ESG menggunakan tiga faktor penting -- lingkungan, sosial, dan tata kelola -- untuk mengukur kinerja perusahaan dalam menerapakan pembangunan berkelanjutan.

"Pada 2021, Pertamina secara sukarela mencari tahu tentang pemeringkatan kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) perusahaan. Pelaksanaannya dilakukan oleh salah satu lembaga pemeringkat. Hasilnya Pertamina masuk dalam 'kategori risiko sedang' dengan skor 28,1 ," ujar Leodan.

Skor peringkat ESG tersebut menempatkan Pertamina di peringkat ke-15 dari 2.251 perusahaan di seluruh dunia.

"Secara resmi untuk perusahaan migas dunia, (ESG) Pertamina berada di peringkat tujuh," kata Leodan.

Dia juga menyebutkan bahwa Pertamina berada di peringkat 49 dari 100 perusahaan pada aspek iklim dan energi untuk perusahaan migas, berdasarkan skor ESG yang diukur oleh World Benchmarking Alliance (WBA).

WBA mewakili organisasi yang bekerja di tingkat global, regional, dan lokal untuk mengukur kontribusi sektor swasta dalam mencapai SDGs.

Lebih lanjut, Leodan juga menyampaikan bahwa penyelarasan kinerja perusahaan dengan pencapaian skor ESG dapat membawa beberapa manfaat bagi bisnis perusahaan.

Misalnya, kata dia, kualitas ESG yang baik dapat membantu perusahaan untuk memperluas pilihan pembiayaan dan mengembangkan keunggulan kompetitif yang dapat mendorong kinerja bisnis.

Dia menambahkan, strategi pembangunan berkelanjutan Pertamina telah dijabarkan ke dalam 10 Fokus ESG, yang masing-masing diselaraskan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan memiliki target utamanya masing-masing.

10 fokus ESG Pertamina itu adalah menangani perubahan iklim; mengurangi jejak karbon; melindungi keanekaragaman hayati; kesehatan dan keselamatan; pencegahan kecelakaan besar; perekrutan karyawan, pengembangan dan retensi; inovasi dan penelitian; keterlibatan dan dampak masyarakat; keamanan dunia maya; etika perusahaan.

 

(Foto: Kementerian ESDM)

 

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber InfoPublik.id

  • Total Visitors: 924205

Facebook comments

Promotion

Adsense Page